About Me

Foto saya
Rantau, Kalimantan Selatan, Indonesia
Blog resmi Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau

Kamis, 06 Oktober 2011

MAN 1 Rantau Siap Menyongsong Electronic Government (e-Gov)


Era globalisasi dan transformasi teknologi komunikasi menggiring semua line lembaga pemerintah untuk membangun electronic government (e-Gov)tidak terkecuali Kementerian Agama. Hal ini disampaikan oleh Zainal Arifin Hasibuan Ph.D wakil Dewan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Nasional pada Orientasi Pengelola Jaringan TIK Kementerian Agama Pusat dan Daerah yang dilaksanakan oleh Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama RI di Hotel Royal Jelita Banjarmasin.
Pembangunan e-Gov bertujuan :
• Membangun jaringan informasi guna mendukung pelayanan publik dengan kualitas memuaskan, dapat diakses masyarakat luas, serta dengan biaya yang terjangkau
• Mendorong kerjasama antar lembaga pemerintah dan swasta secara interaktif untuk meningkatkan perekonomian nasional
• Membentuk mekanisme dan saluran komunikasi antar lembaga pemerintah dengan publik
• Membentuk sistem manajemen dan proses kerja yang lancar, transparan dan efisien antar lembaga pemerintah.
Pentahapan Penerapan e-Gov:
• Pembuatan situs web pemerintah di setiap lembaga/intansi/unit kerja
• Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia menuju penerapan e-government
• Penyediaan sarana akses publik antara lain dalam bentuk Mulipurpose Community Center (MCC), warung dan kios Internet, dan lain-lain
• Sosialisasi keberadaan layanan informasi elektronik, baik untuk publik maupun penggunaan internal
• Pengembangan motivasi kepemimpinan ( e-leadership ) dan kesadaran akan pentingnya manfaat e-government ( awareness building )
• Penyiapan peraturan pendukung.
Kepmen No. 57/KEP/M.KOMINFO/12/2003
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau, Hilal Najmi sebagai salah satu peserta pada orientasi tersebut sangat mendukung terhadap e-Gov yang nantinya akan dikembangkan dilingkungan kementerian Agama. “Gagasan e-Gov adalah salah satu bentuk pelayanan public dalam hal penyediaan informasi dalam sebuah lembaga, dalam hal ini adalah Kementerian Agama beserta seluruh satker dibawah binaannya, kami sangat mendukung dan siap menjadi salah satu madrasah di Indonesia yang menggunakan electronic government (e-Gov), tentu dengan pentahapan dan persiapan kearah itu, seperti pembuatan web, menyiapkan SDM/pengelola & pengadaan perangkat jaringan”.
Kedepan, e-Gov sangat membantu percepatan informasi, pekerjaan dan layanan.
Acara ini diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia yang termasuk dalam wilayah Indonesia bagian tengah dengan mengambil tempat di kota Banjarmasin. Sebelumnya, acara serupa juga telah dilakukan di dua kota yaitu Batam untuk Indonesia bagian Barat dan Bali untuk Indonesia bagian Timur.
Orientasi ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 4 sampai 7 Oktober 2011 dan akan diisi dengan berbagai materi seputar Teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Kemenag dan pemanfaatannya. Seperti kebijakan Pusat Informasi dan Humas dalam Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kemenag, Kebijakan dewan teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional terhadap TIK di kemenag, Keamanan jaringan internet/ internet terhadap lalu lintas data dan informasi, pengelolaan VPN-IP dan pemanfaatannya, mengelola jaringan wireless, milliing list dan optimalisasi pemanfaatan e-mail Kemenag, Sistem operasi linux dan lain sebagainya. Semua materi tersebut akan disampaikan oleh para praktisi yang memang berkompeten dibidangnya seperti Zainial Arifin Hasibuan Ph.D ( Wakil ketua DeTikNas), Dr. Hasyim Gautama (Kementerian Kominfo), Dr. Onno W. Purbo, Arief Muzakkir dan Ahmad Safrudin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar